OLEH: Abu Zinnirah Azlan
عَنْ جَابِرٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَنْ يُجَصَّصَ الْقَبْرُ وَأَنْ يُقْعَدَ عَلَيْهِ وَأَنْ يُبْنَى عَلَيْهِ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari memberi kapur pada kubur, duduk di atas kubur dan memberi bangunan di atas kubur.”
(HR. Muslim, no. 970).
Ada tiga larangan yang disebutkan dalam hadits ini terhadap kubur:
Pertama: Larangan memberi kapur pada kubur dengan tujuan untuk mempercantik bangunan kubur. Larangan ini secara tekstual adalah larangan haram dan tidak ada dalil untuk mengalihkan ke larangan makruh.
Kedua: Larangan duduk di atas kubur kerana seperti itu termasuk menghinakan kubur.
Dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَأَنْ يَجْلِسَ أَحَدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ فَتُحْرِقَ ثِيَابَهُ فَتَخْلُصَ إِلَى جِلْدِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَجْلِسَ عَلَى قَبْرٍ
“Seandainya seseorang duduk di atas bara api sehingga membakar pakaiannya sampai kulitnya, itu lebih baik baginya dibandingkan duduk di atas kubur.”
(H.R Muslim, no. 1612).
Hadits ini menunjukkan bahwa duduk di atas kubur termasuk dosa besar kerana ancaman yang keras seperti ini.
Ketiga: Larangan membuat bangunan di atas kubur. Larangan ini akan menimbulkan mafsadat yang begitu banyak, di antaranya:
Perantara untuk menyembah kubur, apalagi kubur itu adalah kubur orang soleh atau kubur seorang yang dianggap wali.
Termasuk tasyabbuh (menyerupai).
Perantara menuju kesyirikan.
Termasuk pemborosan dan mensia2kan harta
Semoga bermanfaat
___________________________
Abu Zinnirah Azlan
Telegram: https://t.me/gerakanpenamy
_____________________________
Comments
Post a Comment