Pemimpin Adalah Cerminan Rakyat

OLEH: Abu Aqif.

*Pemimpin Adalah Cerminan Rakyat*

Bagaimana nak tahu perangai rakyat, lihatlah pemimpin mereka. Kalau pemimpinnya baik itu bermaksud rakyat di situ baik-baik belaka.

Jika pemimpinnya bermasalah, rakyat di situ juga ada something wrong somewhere.

Agama kata, nak dapat pemimpin yang baik, ubahlah diri menjadi baik dahulu.

https://www.facebook.com/abdulrahmanabdollah/posts/3048090732129380

Ibnu Qayyim Al Jauziyah رحمه الله‎‎ menyatakan,

وتأمل حكمته تعالى في ان جعل ملوك العباد وأمراءهم وولاتهم من جنس اعمالهم بل كأن أعمالهم ظهرت في صور ولاتهم وملوكهم فإن ساتقاموا استقامت ملوكهم وإن عدلوا عدلت عليهم وإن جاروا جارت ملوكهم وولاتهم وإن ظهر فيهم المكر والخديعة فولاتهم كذلك وإن منعوا حقوق الله لديهم وبخلوا بها منعت ملوكهم وولاتهم ما لهم عندهم من الحق ونحلوا بها عليهم وإن اخذوا ممن يستضعفونه مالا يستحقونه في معاملتهم اخذت منهم الملوك مالا يستحقونه وضربت عليهم المكوس والوظائف وكلما يستخرجونه من الضعيف يستخرجه الملوك منهم بالقوة فعمالهم ظهرت في صور اعمالهم وليس في الحكمة الالهية ان يولى على الاشرار الفجار الا من يكون من جنسهم ولما كان الصدر

"Sesungguhnya di antara hikmah Allah تعال dalam keputusan-Nya memilih para raja, pemimpin dan pelindung umat manusia adalah sama dengan amalan rakyatnya bahkan perbuatan rakyat seakan-akan adalah cerminan dari pemimpin dan penguasa mereka.

Jika rakyat lurus, maka akan lurus juga penguasa mereka. Jika rakyat adil, maka akan adil juga penguasa mereka. Namun, jika rakyat berbuat zalim, maka penguasa mereka akan ikut berbuat zalim.

Jika kelihatan tindakan penipuan di tengah-tengah rakyat, maka demikian juga hal ini akan terjadi pada pemimpin mereka.

Jika rakyat menolak hak-hak Allah dan enggan memenuhinya, maka para pemimpin juga enggan melaksanakan hak-hak rakyat dan enggan menerapkannya.

Jika dalam muamalah, rakyat mengambil sesuatu dari orang-orang lemah, maka pemimpin mereka akan mengambil hak yang bukan haknya dari rakyatnya serta akan membebani mereka dengan tugas yang berat. Setiap yang rakyat ambil dari orang-orang lemah maka akan diambil juga oleh pemimpin mereka dari mereka dengan paksaan.

Dengan demikian setiap amal perbuatan rakyat akan tercermin pada amalan penguasa mereka.

Berdasarkah hikmah Allah, seorang pemimpin yang jahat dan keji hanyalah diangkat sebagaimana keadaan rakyatnya.

Ketika masa-masa awal Islam merupakan masa terbaik, maka demikian juga pemimpin pada saat itu. Ketika rakyat mulai rosak, maka pemimpin mereka juga akan ikut rosak.

Dengan demikian berdasarkan hikmah Allah, apabila pada zaman kita ini dipimpin oleh pemimpin seperti Muawiyah, Umar bin Abdul Aziz, apalagi dipimpin oleh Abu Bakar dan Umar, maka tentu pemimpin kita itu sesuai dengan keadaan kita. Begitu juga pemimpin orang-orang sebelum kita tersebut akan sesuai dengan keadaan rakyat pada saat itu. Masing-masing dari kedua hal tersebut merupakan akibat dan tuntunan hikmah Allah Taala. [Miftah Daaris Sa'adah, 2/177-178].




Comments